APA YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN KETIKA MENGUBAH WEB HOST ANDA

APA YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN KETIKA MENGUBAH WEB HOST ANDA

Ada banyak alasan Anda dapat mempertimbangkan untuk mengubah host web. Mungkin Anda tidak puas dengan dukungan atau fitur penyedia Anda saat ini. Mungkin Anda menemukan harga yang lebih baik di tempat lain dan Anda tidak bisa melewatkan tabungan. Terlepas dari mengapa Anda ingin berpindah dari satu host web ke host web lainnya, ada beberapa pertimbangan sebelum melakukannya.

Anda ingin kepindahan Anda lancar dengan sedikit atau tanpa waktu henti. Anda ingin pelanggan atau pemirsa Anda memiliki transisi yang mulus sehingga situs Anda tidak terganggu. Tentu saja, terkadang ada yang tidak beres tetapi dengan sedikit perencanaan Anda dapat mengurangi kemungkinan masalah.

A. Simpan Situs Anda Sekarang

Anda bahkan tidak ingin berpikir untuk pindah dari satu host ke host lain tanpa mencadangkan seluruh situs Anda seperti contoh situs mabosbet dengan benar. Jika sesuatu terjadi dan Anda kehilangan file, Anda pasti memiliki salinan cadangan yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan. Yang terbaik adalah mencadangkan semua file Anda secara manual jika ada ketidaksesuaian antara host yang ada dan yang baru. Pastikan untuk menganggarkan cukup waktu agar pencadangan dapat berjalan. Anda mungkin terkejut berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencadangkan semua file Anda.

B. Cari Tahu Tentang Host Web Baru Anda

Cari Tahu Tentang Host Web Baru Anda

Ada kemungkinan Anda berpindah dari satu host yang memiliki sekumpulan fitur tertentu ke fitur lain yang sama persis. Mungkin tapi tidak mungkin. Oleh karena itu, Anda mungkin mengalami masalah kompatibilitas dan setidaknya Anda memerlukan beberapa informasi terkait untuk memindahkan apa yang Anda perlukan dengan benar. Anda akan membutuhkan hal berikut untuk pindah ke host baru Anda:

Cari tahu apa yang mereka izinkan untuk mengunggah file dan pastikan Anda memilikinya untuk mengunggah situs Anda dengan cepat. Kebutuhan minimal adalah klien FTP yang tepat.
> Dapatkan informasi DNS untuk host baru Anda dan pastikan Anda memiliki informasi akun domain Anda sehingga Anda dapat dengan cepat mengubah pengaturan saat diperlukan.
>Pastikan Anda memiliki URL sementara Anda sehingga Anda dapat menguji situs Anda sebelum mengubah DNS Anda.
> Miliki daftar semua informasi server untuk membuat perubahan skrip yang diperlukan sehingga skrip Anda akan berjalan dengan baik.

C. Etiket Pra Pindah

Beri tahu semua orang bahwa Anda akan pindah dan dalam jangka waktu berapa hal itu akan terjadi. Apakah Anda memiliki situs bisnis atau pribadi, itu adalah etiket yang baik untuk memberi tahu pengguna Anda bahwa Anda pindah sehingga mereka tidak bertanya-tanya apa yang terjadi jika Anda down atau mengalami masalah. Pengguna Anda akan memahami bahwa terkadang hal-hal ini diperlukan dan terkadang mereka bahkan dapat menjadi aset terbaik Anda dengan memberi tahu Anda jika ada masalah tersisa yang luput dari perhatian Anda setelah pindah. Beri tahu mereka kapan Anda akan pindah, lalu beri tahu mereka saat pindah selesai.

D. Selama Hari Pindah

Buat rencana tindakan untuk kepindahan Anda. Jadwalkan waktu Anda akan bergerak untuk hari paling lambat dan paling lambat dalam sehari. Dengan cara ini sesedikit mungkin orang akan terganggu oleh proses tersebut. Miliki daftar semua langkah yang perlu Anda ambil untuk memindahkan termasuk detail struktur file sehingga Anda dapat memastikan semua file disalin dengan benar. Setelah semua file diunggah sepenuhnya, uji situs Anda menggunakan URL sementara. Gunakan daftar periksa halaman di situs Anda untuk mengunjungi masing-masing dan memastikannya berfungsi dengan benar. Setelah ini selesai, Anda dapat mengubah DNS Anda. Pastikan Anda memberi tahu pengunjung apa yang Anda lakukan sehingga mereka dapat membantu mengidentifikasi masalah.

E. Setelah Pindah

Setelah Pindah

Setelah semua file Anda dipindahkan dan semua pengujian Anda selesai, Anda dapat mengubah DNS Anda. Masuk ke akun host domain Anda dan ubah pengaturan ke host baru Anda. Biasanya diperlukan waktu hingga empat puluh delapan jam agar domain menyebar sepenuhnya, tetapi biasanya terjadi sangat cepat akhir-akhir ini sehingga sebagian besar pengguna Anda dapat mengidentifikasi masalah apa pun segera setelah dipindahkan.

Jika ada masalah, Anda selalu dapat kembali ke host lama dan membuat perubahan. Setelah beberapa hari jika Anda tidak menemukan masalah, batalkan akun lama Anda dan Anda bisa yakin pemindahan Anda berhasil.

Perencanaan untuk semua kemungkinan serta sangat terorganisir akan memastikan perpindahan Anda dari satu host web ke host berikutnya berjalan dengan lancar. Pastikan Anda mencadangkan situs Anda di host lama Anda, mengumpulkan semua yang Anda butuhkan sebelum pindah, memberi tahu pemirsa Anda dan menulis rencana organisasi sebelum Anda pindah. Setelah Anda selesai memindahkan file, uji situs Anda secara menyeluruh sebelum mengubah DNS. Setelah Anda selesai menguji, barulah Anda harus mengubah DNS Anda.

Info lainnya : Web Hosting : Panduan Untuk Pemula 

Meskipun semuanya tampak berfungsi dengan baik, tunggu beberapa hari untuk memastikan sebelum membatalkan akun Anda di host lama. Jika Anda mengikuti semua langkah, gerakan Anda akan berjalan dengan lancar dan Anda akan memiliki lebih sedikit kemungkinan terjadi kesalahan. Tentu saja, terkadang hal yang tidak terduga dapat terjadi tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengurangi kemungkinan menghadapinya.